Keputihan bisa Hambat Kehamilan

Minggu, 09 Oktober 2011

Curhat dr. Boyke - Apakah Kalian kerap mengalami keputihan? Keputihan sebenarnya merupakan kondisi normal akibat pengaruh hormon. Namun, perlu waspada dengan kondisi tertentu yang menunjukkan gangguan pada organ reproduksi wanita.

Normalnya, cairan yang keluar berupa lendir, jernih hingga keputih-putihan, seperti krim atau elastis, tidak berbau, tidak menimbulkan rasa pedih atau panas saat berkemih ataupun gatal.

Cairan itu umumnya muncul diproduksi oleh sel-sel yang membatasi bagian rahim, serviks dan organ intim wanita. Cairan ini secara alamiah bisa membersihkan area kewanitaan. Fungsinya juga untuk menjaga daerah intim wanita tetap terlumasi dan terlindung dari infeksi.

Yang perlu diwaspadai ketika warnanya keabu-abuan, kekuningan atau kehijauan, berbau amis atau busuk, jumlahnya lebih banyak dari biasanya, ada bercak darah, timbul rasa sakit atau gatal, terasa nyeri saat buang air kecil atau saat berhubungan seksual.

Kelainan penyebab keputihan adalah peradangan atau infeksi di daerah vagina, leher dan badan rahim, saluran telur dan jaringan sekitarnya. Jangan remehkan kondisi ini karena bisa memicu peradangan pada daerah rahim dan saluran telur sehingga menimbulkan penyempitan saluran telur yang menghambat pertemuan sel mani dan sel telur saat pembuahan. Ini bisa menghambat kehamilan.

Memeriksakan diri merupakan tindakan yang tepat karena akan diketahui penyebab keputihan. Dokter akan melakukan pemeriksaan luar pada daerah kemaluan dan pemeriksaan dalam untuk mengetahui kondisi vagina, rahim dan organ lainnya di daerah rongga panggul. Vivanews

1 komentar:

tanty relita sinaga mengatakan...

Selamat sore do_ped (dokter peduli)...
saya perempuan berusia 25 tahun. Saya mengalami keputihan dan saat ini warnanya kekuning-kuningan dan terkadang jg berwarna hijau. Setelah buang air seni cairan kental itu keluar dengan jumlah yang sedikit. Apakah itu normal dok?
Apakah ada pengaruhnya dengan perkembangan hormon pada usia saya?
Bagaimana mengatasi agar tidak keputihan?

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010-2011 Curhat dr. Boyke All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.